.

HOME

9 Jan 2016

PROFIL PUSKESMAS MANTINGAN


Puskesmas Mantingan adalah unit pelaksana teknis Dinas Kesehatan Kabupaten Ngawi yang bertanggung jawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di sebagian wilayah kecamatan Mantingan. Berdasarkan Kepmenkes nomor 128 tahun 2004 Puskesmas mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam sistem kesehatan nasional dan sistem kesehatan kabupaten. Puskesmas memiliki fungsi yang penting dalam mendukung tercapainya tujuan pembangunan kesehatan nasional.
Puskesmas Mantingan berdiri sejak tahun 1977 dengan bangunan fisik, sarana prasarana, tenaga dan sumberdaya manusia yang sangat terbatas. Beralamat di Jalan Raya Mantingan, desa Sambirejo, Kecamatan Mantingan Kabupaten Ngawi dengan nomor telepon 0351-671170, Puskesmas Mantingan berada di wilayah yang sangat strategis karena berada di tepi jalan raya yang menghubungkan provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah.
Wilayah kerja Puskesmas Mantingan terdiri dari 4 desa yaitu
1.    Desa Mantingan
2.    Desa Sambirejo
3.    Desa Pengkol
4.    Desa Jatimulyo.
Mulai tahun 2015 Puskesmas Mantingan diresmikan menjadi Puskesmas BLUD. Sebagai unit pelayanan kesehatan masyarakat Puskesmas melaksanakan kegiatan yang bersifat preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif.
Tenaga dan sumber daya manusia Puskesmas Mantingan terdiri dari tenaga medis dan non medis. Dengan tenaga medis meliputi dokter umum, dokter gigi, Kesling, Kesmas, perawat, perawat gigi, bidan, penata laborat, radiografer, fisioterapis, ahli gizi, rekam medik, apoteker, asistan apoteker, dan analis kesehatan.. Sedangkan tenaga non medis meliputi staff keuangan, administrasi, staff tata usaha, driver, dan cleaning service.
Kepala Puskesmas yang pernah menjabat yaitu
1.    dr. Bambang Wijonarko
2.    dr. Nicholas
3.    dr. Sri Marniati
4.    dr. Pudjo Sarjono, M.Si
5.    drg. Endah Murti Wulan, M.Si,
6.    dr. Muh El Riza (awal 2014 sampai sekarang).
Fasilitas kesehatan pendukung di wilayah kerja Puskesmas Mantingan terdiri dari Puskesmas pembantu, Polindes, dan BPM
Sebagai pusat pelayanan kesehatan terdepan dan terdekat kepada masyarakat, maka Puskesmas Mantingan mempunyai tanggung jawab yang besar dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal. Oleh karena itu Puskesmas Mantingan berupaya untuk mampu memberikan pelayanan yang bermutu, terjangkau dengan tetap membangun peran serta masyarakat secara aktif.  

1 komentar:

  1. Harusnya sebelum ambil nomor antrian ditanya dulu untuk periksa apa, sudah ngantri satu jam tiba-tiba poli gigi sudah tidak melayani padahal waktu antri masih jam sebelas kurang dan masuk antrian 11:40 tapi sudah tidak melayani, mengecewakan.

    BalasHapus