.

HOME

30 Jun 2020

TOP HIV


TOP HIV adalah singkatan dari Temukan, Obati dan Peduli HIV merupakan salah satu inovasi di Puskesmas Mantingan yang memberikan pelayanan perawatan, dukungan dan pengobatan (PDP) terhadap penderita HIV/AIDS terutama sebagai rujukan ART. Perawatan HIV/AIDS dilaksanakan dengan pendekatan berbasis fasilitas pelayanan kesehatan terhadap ODHA (Orang dengan HIV/AIDS) dan penyakit infeksi oportunistik (IO) nya serta pendekatan berbasis masyarakat untuk dukungan sosialnya, dimana kedua-duanya harus dilakukan secara holistic dan komprehensif. Pengobatan HV/AIDS dilakukan dengan cara mengurangi resiko penularan, menghambat perburukan infeksi oportunistik dan meningkatkan kualitas hidup ODHA.

Dukungan terhadap penderita HIV/AIDS berupa dukungan psikologi kesehatan mental, dukungan social ekonomi dan pemberdayaan masyarakat untuk membina kelompok-kelompok dukungan, serta meningkatkan kemandirian untuk mencapai hidup yang berkualitas.

Tujuan dari kegiatan PDP HIV/AIDS adalah
  • 1.     Menjamin kegiatan yang dilakukan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan, yang mencakup standar impor (waktu, biaya, SDM, teknologi, prosedur, dll)
  • 2.       Menjamin keberlangsungan perawatan baik tatalaksana gejala, perawatan akut, penyakit kronik, pendidikan kesehatan, pencegahan komplikasi, infeksi oportunistik dan perawatan paliatif.
  • 3.       Menjamin keberlangsungan pengobatan HIV/AIDS meliputi terapeutik ART, pengobatan IO, pengobatan IMS, profilaksis ART paska pajanan, profilaksis kotrimoksasol, profilaksis INH dan pengobatan penunjang berupa suportif, adjuvant dan perbaikan gizi guna menurunkan angka morbiditas dan mortilitas.
  • 4.       Menjamin pelayanan ibu hamil dengan HIV dan pelayanan PPIA lainnya guna menurunkan infeksi baru.
  • 5.       Memberikan info standarisasi prosedur kewaspadaan universal dan alat pelindung diri terhadap petugas kesehatan.

(Petugas melakukan pendampingan pemulasaran jenazah pasien HIV/AIDS) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar