.

HOME

29 Feb 2016

SOSIALISASI PIN POLIO

Selamat malam pembaca setia, jumpa lagi dengan kami. pada Bulan Februari ini UPTD Puskesmas Mantingan telah mengadakan kegiatan “Sosialisasi PIN Polio”. Sebelumnya apa itu PIN Polio? dan apa tujuannya? Berikut kami bahas secara singkat.

Pertama “Apa itu PIN Polio?” PIN (Pekan Imunisasi Nasional) Polio adalah pemberian imunisasi tambahan polio kepada kelompok sasaran imunisasi yaitu anak usia 0 – 60 bulan untuk mendapatkan imunisasi polio tanpa memandang status imunisasi yang dilakukan berdasarkan hasil evaluasi program dan kajian epidemiologi.

Kedua ”Apa tujuannya?”
  • Mengurangi risiko penularan terhadap terhadap importasi virus polio tipe 2 dan CVDPV type 2
  • Memastikan tingkat imunitas terhadap polio khususnya P2 di populasi (herd immunity) cukup tinggi dengan cakupan lebih dari 95%
  • Memberikan perlindungan secara optimal dan merata pada kelompok umur 0-59 bulan terhadap kemungkinan munculnya kasus polio yang disebabkan oleh virus polio sabin.
Itulah gambaran secara singkat tentang pengertian dan tujuan dari PIN Polio. Selanjutnya, kembali ke kegiatan yang telah kami laksanakan, yaitu Sosialisasi PIN POLIO di Aula Kecamatan Mantingan Kabupaten Ngawi. Acara sosialisasi PIN Polio dilaksanakan pada tanggal 11 Februari 2016 dengan narasumber Ka UPTD Puskesmas Mantingan dr. Muh El Riza. Acara dimulai dari Pukul 10.00 WIB – selesai. 

Kegiatan sosialisasi ini turut dihadiri oleh tokoh masyarakat diantaranya Bapak dan Ibu Camat Kecamatan Mantingan, Bapak dan Ibu Lurah desa Mantingan, Sambirejo, Pengkol dan Jatimulyo, Kapolsek Mantingan, Ka Dinas Pendidikan, Ka KUA, Kader Desa, Bidan Desa serta Ka Puskesmas Mantingan dengan total tamu undangan adalah 25 orang. Dalam sosialisasi ini dr. Muh El Riza memberikan presentasi tentang akan diadakannya PIN Polio untuk kecamatan Mantingan pada tanggal 8-15 Maret 2016 ini. PIN Polio akan dilaksanakan di seluruh posyandu di wilayah kerja UPTD Puskesmas Mantingan.

Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini para tokoh masyarakat dapat membantu dalam mensukseskan PIN Polio 2016, sehingga seluruh sasaran imunisasi mendapatkan imunisasi Polio. Para Tamu undangan yang telah mendapat sosialisasi memberikan apresiasi dan mendukung suksesnya kegiatan Nasional ini, terbukti dengan para tamu undangan antusias serta kooperatif terhadap acara sosialisasi yang telah dilaksanakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar