.

HOME

30 Jun 2020

TB TANPA BATAS..


Tuberkulosis adalah suatu penyakit menular yang disebabkan oleh kuman mycobacterium tuberculosa yang  sumber  penularannya melalui percik dahak yang di keluarkan oleh penderita TB ketika batuk/ bersin .

Dari hasil rakerkesnas dimana kasus TB paru yang ada di indonesia saat ini di perkirakan 1.020.000 kasus dan tahun 2017 kasus tersebut baru tercapai 330.000 kasus di jawa timur. Untuk wilayah kerja kerja Puskesmas Mantingan penemuan suspect TB 199 orang dari target 205 orang (97%), pasien dengan BTA (+) 14 orang dari target 20 orang (70%) dan angka kesembuhan tercapai 12 orang dari target 18 orang (16% ). Sehingga masih rendahnya angka pencapaian kasus TB di UPT Puskesmas Mantingan. Dan banyaknya  kasus TB yang perlu diobati sampai sembuh, seperti TOSS TB ( Temukan Obati Sampai Sembuh TB.

Program TOSS TB merupakan kegiatan kampanye penemuan kasus TB secara aktif dan masif yang melibatkan seluruh pihak baik pemerintah maupun masyarakat. Berdasarkan kasus diatas kami perlu melakukan inovasi dalam program TB yaitu TB TANPA BATAS (TB Temukan, Obati Sampai Tuntas), yang merupakan kegiatan mulai dari penemuan kasus TB yang melibatkan kader kesehatan sampai perawatan pasien TB sampai sembuh.

Penyebab utama TB sangat sulit untuk di berantas antara lain faktor kemiskinan, ekonomi yanmasih rendah sehingga masyarakat masih mengalami masalah dalam kondisi sanitasi, sandang, pangan yang buruk, pengangguran, pendidikan dan pendapatan yang masih rendahyang berakibat pada kerentanan masyarakat terhadap TB. Faktor  yang  mempengaruhi kegagalan program TB adalah besarnya masalah kesehatan lain seperti gizi buruk, merokok, DM, penderita HIV yang akan menambah beban masalah TB.

Kegiatan – kegiatan yang dilaksanakan dalam program TB TANPA BATAS  yaitu :

1.      Pembentukan  kader  TB

2.      Penemuan  penderita  terduga  TB


3.      Pemeriksaan  terduga  TB


4.      Pengobatan TB.


5.      Pengawasan Minum Obat


6.      Pemeriksaan kontak serumah

7.      Penyuluhan TB


Tidak ada komentar:

Posting Komentar